Cara Mudah Zeroing Teleskop Senapan Angin

18 November 2015 - Kategori Blog

Membidik target dengan teleskop pada jarak dekat untuk sebagian orang memang sulit. Itu dikarenakan letak teleskop  diatas, sementara laras berada dibawah. Semakin tinggi jarak antara laras dan teleskop, semakin sulit menentukan posisi bidik. Ada baiknya kita mempelajari (bagi yang memakai reticle mildot) pada dot berapakah target kita bidik jika target berada dijarak dekat. Cara ini juga bisa mudah untuk zeroing teleskop pada jarak dekat (proses zeroing awal) bila tidak memiliki area yang luas untuk zeroing.

Pertama kita ukur jarak antara pertengahan diameter teleskop dengan diameter tengah laras (jarak laras dengan teleskop). Sebagai contoh pada gambar terukur 4cm;cara mudah zeroing teleskop
Setelah diketahui jaraknya, kemudian kita buat kertas target (pada dinding, kayu atau sebagainya). Buat garis vertikal dengan dua buah titik target atas dan bawah sesuai dengan jarak hasil pengukuran antara laras dengan  teleskop tadi. Pada titik target atas itulah posisi tengah crosshair reticle. Dan titik target yang bawah adalah posisi sebenarnya atau seharusnya perkenaan mimis.
Lakukan latihan perkenalan atau zeroing pada jarak dekat sekitar 5 atau 7 meteran. Selalu gunakan nilai zoom yang sama untuk membidik sesuai nilai zoom saat zeroing, sebagai rekomendasi gunakan zoom 4-5. Set paralax pada jarak minimal sesuai jarak target, karna jika tidak sesuai akan menghasilkan view yang blur atau tidak fokus.
Catatan:
Jika melakukan zeroing pada jarak dekat, perkenaan mimis disamakan dengan titik tengah cross reticle. Maka untuk tembakan pada jarak (agak) jauh akan menghasilkan perkenaan berada diatas cross reticle. Zeroing yang baik adalah semakin jauh perkenaan semakin naik mendekati titik cross reticle sampai jarak efektifnya, untuk kemudian mimis melengkung turun kembali.
Terimakasih.

source

Comments are closed.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter